Pengertian | Tugas Pokok Dan Fungsi BLK

Pengertian | Tugas Pokok Dan Fungsi BLK atau Balai Latihan Kerja

PENGERTIAN DAN FUNGSI BLK

BLK / Balai Latihan Kerja ialah merupakam sebuah wadah yang menampung kegiatan pelatihan yang fungsinya untuk memberikan, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan keterampilan, produktivitas, disiplin, sikap kerja, dan etos kerja yang pelaksanaannya lebih mengutamakan praktek dari pada teori.
BLK berfungsi untuk merumuskan Kebijakan Teknis di bidang Pelatihan tenaga kerja, pelaksanaan Pelayanan Umum bidang Pelatihan tenaga kerja dan Pemberian pelayanan penunjang penyelenggaraan pemerintah daerah

BLK yaitu prasarana dan sarana tempat pelatihan yang berfungsi untuk mendapatkan keterampilan atau yang ingin mendalami keahlian dibidangnya masing-masing.
Secara umum keberadaan BLK membuka beberapa bidang kejuruan contohnya  seperti, Kejuruan Teknisi Komputer, Kejuruan Operator Komputer, Kejuruan Teknik Pendingin, Kejuruan Tata Graha, Kejuruan Teknik Sepeda Motor, Kejuruan Tata Busana, Kejuruan Tata Boga dan lain sebagainya. Bahkan keberadaan BLK juga bisa memfasilitasi untuk keahlian dalam bidang bahasa asing seperti, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang dan Bahasa Korea Selatan.
Tugas Pokok dan Fungsi BLK 

tugas pokok BLK melaksanakan pendidikan dan pelatihan calon tenaga kerja dan pencari kerja.

SEJARAH BLK

 berawal dari ide awal pembentukan (PPKPI) Pusat Latihan Kerja Program Pelatihan  bidang industri pada tahun 1953 dan pada tahun 1960, PPKPI diarahkan menjadi Pelatihan Pencari Kerja Pegawai, Instansi agar menjadi Tenaga Kerja yang memiliki keterampilan.

Pada tahun 1970, Seiring dengan perkembangan zaman, terjadi perubahan dari Pusat Latihan Kerja Program Pelatihan (PPKPI) menjadi Balai Latihan Kerja dibawah pembinaan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia. Dan sejak otonomi daerah Balai Latihan Kerja / BLK berubah menjadi (BLKD) Balai Latihan Kerja Daerah  berada dibawah naungan (UPT) Unit Pelaksana Teknis  Dinas Tenaga Kerja di masing-masing daerah di Indonesia

Pengertian | Tugas Pokok Dan Fungsi BLK

Sumber :
Wikipedia
balailatihankerjatabalong.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar