Bentuk - Bentuk Penggunaan Lahan

Sebutkan Bentuk - Bentuk Penggunaan Lah4n, Jelaskan Klasifikasi Penggunaan Lahan
Pengertian Pertanian.

pengertian pertanian yaitu  adalah kegiatan manusia yang meliputi pertanian tanaman pangan, kehutanan, peternakan ,holtikultura, perkebunan dan perikanan.Sejarah Indonesia sejak masa kolonial sampai sekarang tidak dapat dipisahkan dari sektor pertanian dan perkebunan, karena sektor - sektor ini memiliki arti yang sangat penting dalam menentukan pembentukan berbagai realitas ekonomi dan sosial masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Indonesia adalah sebagai petani dan perkebunan, sehingga beberapa sektor ini sangat penting untuk dikembangkan di negara kita
Beberapa bentuk penggunaan lahan di Indonesia dari tempat yang satu ke tempat lain beragam bentuknya, tergantung kondisi fisik atau lingkungan setempat. beberapa bentuk tersebut dapat didasarkan dari sistem klasifikasi penggunaan lahan yang paling berpengaruh dalam pembuatan peta penggunaan lahan di Indonesia (dalam Purwadhi dan Sanjoto, 2008 : 125-127), yaitu :
  • Klasifikasi penggunaan lahan menurut Darmoyuwono, 1964 menekankan bahwa pada aspek penggunaan lahan berpedoman pada Commision on World Land Use Survey. Klasifikasinya memiliki hirarki atau penjenjangan yang mantap. Tetapi klasifikasi menurut Darmoyuwono ini kurang digunakan di Indonesia karena kurang disosialisasikan.
  • Klasifikasi penggunaan lahan menurut I Made Sandy, 1977 mendasarkan pada bentuk penggunaan lahan dan skala peta, membedakan daerah desa dan kota. Klasifikasi ini digunakan secara formal di Indonesia oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN)
Berikut adalah Beberapa  Bentuk Pertanian Indonesia

1. Pekarangan
Pekarangan adalah suatu lahan yang berada di lingkungan dalam rumah (biasanya dipagari dan masuk ke wilayah rumah) yang dimanfaatkan untuk ditanami tanaman pertanian.

2. Sawah
Sawah adalah suatu bentuk pertanian yang dilakukan di lahan basah dan memerlukan banyak air baik sawah irigasi, sawah lebak, sawah tadah hujan maupun sawah pasang surut. Yang pada masa sekarang sudah hampir punah

3. Tegalan
Tegalan adalah suatu daerah dengan lahan kering yang bergantung pada pengairan air hujan, ditanami tanaman musiman atau tahunan dan terpisah dari lingkungan dalam sekitar rumah. Lahan tegalan tanahnya sulit untuk dibuat pengairan irigasi karena permukaan yang tidak rata.[butuh rujukan] Pada saat musim kemarau lahan tegalan akan kering dan sulit untuk ditubuhi tanaman pertanian.

Bentuk - Bentuk Penggunaan Lahan

Sumber : 
wikipedia
fafageo.blogspot.co.id/2011/10/bentuk-penggunaan-lahan-land-use.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar