Pengertian | Fungsi Dan Manfaat Drone

Pengertian | Fungsi Dan Manfaat Drone . Pada Postingan Ini Dijelaskan Pengertian Drone, Fungsi serta manfaatnya,sebenarnya alat ini fungsinya apa sih ? bagi anda yang belum tahu apa itu drone, apa sih artinya, anda bisa membaca postingan yang saya buat kali ini, silahkan yah sob ...

Perkembangan drone saat ini sudah semakin pesat dari segi teknologi dan fungsi. Drone dalam sejarahnya banyak dikembangkan oleh pihak militer, tetapi drone saat ini bisa di rasakan oleh semua jenis kalangan. Drone yang banyak digunakan oleh semua kalangan adalah Drone dengan bentuk fisik memiliki 4 baling-baling atau lebih yang disebut juga Quadcopter. Drone tipe ini menggunakan sumber daya Battery, dan dikendalikan menggunakan Remote Control dengan menggunakan layar berukuran mini, drone juga bisa dikoneksikan dengan menggunakan layar smartphone

Pengertian
Drone merupakan  pesawat tanpa awak  yang dikendalikan dari jarak jauh.  kini Drone non militer menjadi hobi baru, penggunanya juga sangat beragam mulai dari anak sekolah hingga profesional. Berbeda dengan dulu, mungkin  dulu orang mengenal drone atau pesawat tanpa awak digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik.

Fungsi Drone
Pesawat tanpa awak atau Drone selain digunakan untuk militer sudah mulai dikembangkan untuk misi pencarian dan penyelamatan.Pesawat drone juga sudah mulai dikembangkan untuk keperluan jurnalistik, seperti   untuk merekam video , untuk memotret, dan pengumpulan data. Selain itu  juga mulai dipergunakan untuk pengiriman barang dan makanan.

Fungsi drone bisa dikembangkan oleh siapa saja yang memiliki keahlian khusus, digunakan untuk apa dan seperti apa pengendaliannya. Belakangan ini drone masih dikendalikan secara manual atau menggunakan remote kontrol. Namun  sekarang drone bisa dikendalikan secara semi otomatasi menggunakan sistem algoritma pada unit kontrol drone itu sendiri.

Berikut Beberapa Jenis Drone

Drone ada 2 jenis (Berdasarkan baling baling)  :

Fixed wing Drone ( Tunggal)

Drone jenis ini berbentuk seperti pesawat komersial dan digunakan untuk proses yang cepat, daya jangkau lebih cepat serta lebih luas, biasanya untuk pemetaan (mapping) atau  konsepnya seperti scaning. Drone jenis Fixed wins memiliki Energi lebih irit baterai karena single baling baling.

Multicopter Drone (Multi)

Untuk Anda yang ingin membuat video yang bagus sangat cocok memilih drone yang multi copter dikarenakan Lebih stabil dan daya angkut serta kekuatan untuk mengangkat beban (kemera) bisa yang lebih berat. Semakin banyak baling baling semakin stabil dan lebih aman.

untuk jenis baling balingnya,  ada yang 3 baling baling (3Copter),4 baling baling (Quadcopter),6 baling baling (HexaCopter) dan 8 Baling baling (Octacopter) 

Berikut ini adalah Beberapa Manfaat Drone
  1. Untuk Mencari Korban Bencana Alam dan Korban Tragedi lainnya
  2. Untuk Menegakkan Hukum
  3. Sebagai Alat untuk Membantu Perawatan Infrastruktur
  4. Untuk Mengawasi Area Persawahan atau Perkebunan yang Luas
  5. Untuk Kepentingan Jurnalisme
  6. Untuk Penelitian
  7. untuk Perfilman
  8. Untuk Sekedar Hobi
Pengertian | Fungsi Dan Manfaat Drone
Sumber : 

- diambil diinternet
- techno.khedisfile.com/2015/08/02/8-manfaat-drone-yang-jarang-diketahui-orang/
- artikelteknologi.com/2016/01/jenis-dan-fungsi-drone-pesawat-tanpa-awak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar