Pengertian Struktur Pasar

Pengertian Struktur Pasar
Pada postingan ini dijelaskan pengertian dan disebutkan juga penggolongan pasar berdasarkan strukturnya

Pengertian struktur pasar yaitu karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi harga didalam pasar dan sifat kompetisi, struktur pasar yaitu dibagi kedalam beberapa bagian

1. Pasar persaingan sempurna:

Jenis pasar dengan jumlah pembeli dan penjual yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Persaingan akan terjadi apabila pembeli dan penjual dalam jumlah besar mengadakan saling hubungan secara aktif dengan maksud memaksimumkan kepuasan dan keuntungan atas dasar harga-harga yang ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Contoh : beras,gandum, dan kentang. 

Ciri ciri
  • Jumlah penjual dan pembeli banyak
  • Barang yang dijual bersifat homogen
  • Penjual bersifat mengambil harga (price taker)
  • Posisi tawar komsumen kuat
  • Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
  • Sensitif terhadap perubahan harga
  • Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
2. Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
  • Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
  • Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
  • Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
  • Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
  • Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
  • Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen
Pengertian Struktur Pasar
Sumber :

Wikipedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar