Apa Itu Pengertian Plak

Jelaskan | Apakah Yang Dimaksud Dengan Plak, selain pengertiannya di sebutkan juga faktor faktornya
Pengertian Plak

Plak ialah endapan lunak yg melekat erat pada permukaan gigi, plak dapat diartikan sebagai kumpulan massa lunak yang melekat pada permukaan gigi maupun restorasi. Plak juga dapat diartikan suatu kumpulan mikroba yang lebih dari 10 ribu juta per milligram.
Menurut Be Kien Nio ( 1987 ) plak yaitu suatu deposit lunak yang terdiri atas kumpulan bakteri yang berkembang biak di atas suatu matriks dan melekat erat pada pemukaan gigi bila seseorang mengabaikan kebersihan gigi dan mulutnya. Plak juga dianggap sebagai salah satu faktor penyebab lokal dalam berbagai penyakit gigi dan jaringan pendukungnya.
Sejumlah mikroba akan segera ditemukan pada permukaan gigi beberapa jam setelah gigi dibersihkan. Pertambahan plak diawali oleh adanya mikroba yang tersembunyi sehingga terlindung dari aksi pembersihan
( Lindhe, 1990, cit.  Abiyono, 2001 ).
Plak diklasifikasikan berdasarkan letaknya terhadap tepi gusi, yaitu : plak supragingival dan plak subgingival. Plak supragingival terletak di atas tepi gusi, sedangkan plak subgingival terletak di bawah tepi gusi, diantara gigi dan dinding sulkus gusi ( Haake, 1996, cit. Abiyono, 2001 ).
Plak supragingival berhubungan dengan penumpukan mikroba pada permukaan gigi. Mikroba pada permukaan gigi ini dapat menuju ke sulkus gusi sehingga dapat lebih berkontak dengan tepi gusi. Plak subgingival berhubungan dengan penumpukan mikroba pada sulkus gusi maupun pada saku periodontal ( Genco, 1990 ). Menurut Lindhe ( 1990 ) struktur plak subgingival mempunyai  beberapa kesamaan dengan plak supragingival.
Karateristik plak subgingival adalah terdapatnya sejumlah leukosit diantara permukaan kumpulan mikroba dan epitel sulkus gusi, sedangkan plak supragingival memiliki dua letak, letak  terdalam merupakan suatu tumpukan padat terutama bakteri gram negatif yang melekat pada permukaan gigi,  letak terluar mengandung bakteri  terutama bakteri gram positif ( Houwink, 1993 ).

Plak gigi yaitu  lapisan yang menempel pada permukaan gigi dan terdiri dari berbagai mikroorganisme, termasuk bakteri streptokokus mutans. bisa terbentuk diatas garis gusi yang disebut supragingival. Plak dapat terbentuk dibawah garis gusi / pada akar gigi yang dikenal sebagai subgingival.
plak yang terbentuk pada gusi dikenal sebagai plak gingival.

Faktor Penyebab Terjadinya Plak

a. Lingkungan fisik meliputi :

1). Anatomi gigi dan posisi gigi
2). Anatomi jaringan sekitar gigi
3). Struktur permukaan gigi
4). Gesekan oleh makanan dan jaringan sekitar
5). Tindakan kebersihan mulut

b. Hadirnya nutrien yang meliputi :

1). Makanan atau diet
2). Cairan gusi
3). Sisa epitel dan leukosit
4). Saliva

Jelaskan | Apakah Yang Dimaksud Dengan Plak, selain pengertiannya di sebutkan juga faktor faktornya

Sumber :

anggiddarknez.blogspot.co.id/p/blog-page.html
kusmiati73.blogspot.co.id
amazine.co/12044/apa-itu-plak-gigi-fakta-unik-menarik-tentang-plak-gigi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar