Contoh Kegiatan Produksi Bidang Usaha Ekstraktif | Jenis Kegiatan Menurut Bidang Usahanya

Selain dijelaskan Pengertian Perusahaan Ekstraktif, bidang usaha ekstraktif, disebutkan juga beberapa jenis kegiatan dalam produksi menurut bidang usahanya, berikut pembahasannya

Pengertian Dan Contoh


yang dimaksud dengan Perusahaan Ekstraktif yaitu  perusahaan yang mengelola  dan mengambil barang-barang yang disediakan oleh alam. perusahaan ini bergerak di bidang usaha pengambilan, penggalian, atau pengolahan kekayaan yang disediakan alam. Hasil yang diambil dari alam tidak diolah atau tidak diusahakan sebelumnya. Misalnya, PT INCO / International Nickel Company yang mengambil dan mengolah nikel dari alam di beberapa wilayah Indonesia, pengambilan hasil hutan, dan pengeboran minyak.


apa itu Bidang usaha ekstraktif ialah kegiatan dari produksi yang bergerak di bidang pengambilan atau pemanfaatan sumber daya alam  ( SDA ) secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu Misalnya, contoh kegiatan penambang yang mengambil hasil tambang atau contoh lainnya yaitu kegiatan nelayan yang menangkap ikan di laut.

Beikut adalah Beberapa Jenis Kegiatan Dalam Produksi Menurut Bidang Usahanya

1. Usaha Ekstraktif 

2. Usaha Agraris 
Bidang usaha agraris merupakan kegiatan bentuk produksi produksi yang bergerak di bidang pengolahan atau pengelolaan tanah. Contoh, kegiatan petani yang mengolah tanah untuk dijadikan sawah atau kebun.

3. Bidang Usaha Industri
Bidang usaha industri, adalah kegiatan dalam produksi yang bergerak di bidang pengolahan bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Misalnya, contoh kegiatan industri pengolahan kapas menjadi benang, contoh lainnya industri otomotif, dan kerajinan.

4. Usaha Perdagangan
Bidang usaha perdagangan yaitu kegiatan bentuk produksi yang bersifat menambah nilai guna barang dengan cara menjual barang dari produsen ke konsumen. Suatu barang akan lebih berguna bila berada di tempat yang lebih membutuhkan, maka sebenarnya kegiatan niaga pun termasuk kegiatan dari produksi.
Contoh, seperti sayuran di desa diangkut ke kota dimana kota lebih membutuhkan hasil panen ini atau contoh lainnya barang yang tersimpan digudang pabrik akan lebih bermanfaat bila disalurkan atau dijual kepada konsumen yang lebih membutuhkan. Contoh usaha produksi di bidang perdagangan antara lain: toko kelontong, agen koran, atau contoh lainnya supermarket.

5. Bidang usaha jasa
Bidang usaha jasa ialah kegiatan dari produksi produksi yang bergerak di bidang jasa dan pelayanan. Misalnya, contoh bank, restoran, rumah sakit, pos, agen perjalanan, dan contoh lainnya bengkel.

Contoh Kegiatan Produksi Bidang Usaha Ekstraktif | Jenis Kegiatan Menurut Bidang Usahanya

Sumber:
plengdut.com/kegiatan-produksi
ilmuekonomi.net/2015/11/Pengertian-Perusahaan-Ekstratif-Agraris-Industri-Perdagangan-dan-Jasa-beserta-contoh.html

1 komentar: