Pengertian Benua Dan Samudra

Pengertian Benua Dan Samudra. Pada postingan kali ini dijelaskan pengertian tentang benua dan samudra dan disebutkan ada beberapa bagian permukaan bumi dan juga beberapa nama samudra yang ada di bumi, bagian yang lebih kecil dari samudra ialah laut, selat, teluk. mungkin anda saat ini sedang mencari tahu arti tentang benua dan samudra, untuk mengetahui penjelasannya, silahkan dibaca pada pembahasan dibawah ini.

Pengertian Benua

Benua merupakan hamparan daratan yang luas, pada bagian tengahnya sangat kering disebabkan karena tidak mendapatkan pengaruh air laut. Dan juga pada bagian yang lain dari permukaan bumi selain daratan adalah perairan yang terdiri atas beberapa bagian, seperti ialah :
  • Danau.
  • Sungai.
  • Laut.
  • Rawa.
  • Samudra.

Benua yaitu daratan luas yang berada di permukaan bumi. Dalam persebarannya, benua ada yang dihuni oleh manusia dan ada yang tidak dihuni. Benua yang dihuni manusia adalah Benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Australia. Adapun benua yang tidak dihuni oleh manusia adalah Benua Antartika karena merupakan benua terdingin yang selalu tertutup es. Benua adalah hamparan daratan yang sangat luas yang pada bagian tengahnya bersifat kering karena tidak mendapat pengaruh dari angin laut yang basah dan lembab. Benua dibatasi (dikelilingi oleh samudra). Sedangkan pulau adalah daratan yang relativ sempit dan dikelilingi oleh laut.

Pengertian Samudra

Pengertian samudera ataupun lautan yang lengkap adalah hamparan air asin yang sangat luar dan juga mengelilingi daratan luas maupun benua. Ukuran luar laut dan juga samudera, jika samudera karena luas yang dikelingginya biasanya adalah benua, sedangkan laut hanya mengelilingi daratan yang sempit atau juga pulau disebabkan karena luasnya relatif sempit.

Proses pembentukan dalam benua samudera sejak awal terbentukya ialah melalui proses pembentukan yang panjang. Benua dan juga samudera di muka bumi in adalahi selalu berubah kedudukannya menuju bentuk sempurna seperti sekarang ini.
Samudra (juga dieja samudera) atau lautan (dari bahasa Sanskerta) adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar.

Samudra adalah hamparan air asin yang mengelilingi daratan atau benua. Hamparan air asin yang relatif sempit disebut laut.Samudra adalah ketampakan muka bumi yang berupa perairan yang sangat luas.

Ada lima samudra di bumi yaitu:
  • Samudra Pasifik / Lautan Teduh.
  • Samudra Hindia
  • Samudra Atlantik
  • Samudra Antartika / Lautan Selatan 
  • Samudra Arktik
Demikian postingan kali ini tentang Pengertian  Benua Dan Samudra

Sumber :
wikipedia.org
gurupendidikan.com
pengertianahli.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar