Pengertian Sampah Organik | Jenis Jenis Dan Contoh Limbah Organik

Apakah yang dimaksud dengan pengertian sampah organik, jika dilihat.. kalimat diatas mengandung kalimat tanya, sedang menanyakan apa itu sampah organik ?  apa jenis jenisnya ? apa saja contohnya, mungkin anda sedang mencari artinya. anda mencarinya dengan mengetikkan text pada kotak  pencarian search engine seperti mozilla firefox dan anda akhirnya sampai dan nyasar kesini,

Pengertian Sampah Organik | Jenis Jenis Dan Contoh Limbah Organik.

Sampah Organik Merupakan barang yang dianggap sudah tidak terpakai dan dibuang oleh pemilik / pemakai sebelumnya, tetapi masih bisa dipakai kalau dikelola dengan prosedur yang benar. Organik ialah proses yang kokoh dan relatif cepat, maka tanda apa yang kita punya untuk menyatakan bahwa bahan-bahan pokok kehidupan, sebutlah molekul organik, dan planet-planet sejenis, ada juga di suatu tempat di jagad raya? sekali lagi beberapa penemuan baru memberikan rasa optimis yang cukup penting. Sampah organik yaitu  sampah yang bisa mengalami pelapukan atau dekomposisi dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut dengan kompos). Kompos adalah hasil pelapukan bahan-bahan organik seperti daun-daunan, jerami, alang-alang, sampah, rumput, dan bahan lain yang sejenis yang proses pelapukannya dipercepat oleh bantuan manusia. Sampah pasar khusus seperti pasar sayur mayur, pasar buah, atau pasar ikan, jenisnya relatif seragam, sebagian besar (95%) berupa sampah organik sehingga lebih mudah ditangani. Sampah yang berasal dari pemukiman umumnya sangat beragam, tetapi secara umum minimal 75% terdiri dari sampah organik dan sisanya anorganik.

Jenis - Jenis Sampah Organik

Sampah organik berasal dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan.
Sampah organik sendiri dibagi menjadi :

Sampah organik basah. 
Istilah sampah organik basah dimaksudkan sampah mempunyai kandungan air yang cukup tinggi. Contohnya kulit buah dan sisa sayuran.
Sampah organik kering. 
Sementara bahan yang termasuk sampah organik kering adalah bahan organik lain yang kandungan airnya kecil. Contoh sampah organik kering di antaranya kertas, kayu atau ranting pohon, dan dedaunan kering.

Berikut Adalah Beberapa Contoh Limbah Organik yaitu ;

  1.     Sisa makanan
  2.     Tulang hewan
  3.     Daun-daunan
  4.     Kertas dan Kardus
  5.     Kayu
  6.     Bangkai hewan
  7.     Bangkai manusia
  8.     Kotoran manusia
  9.     kotoran hewan
  10.     Sisa industri perkayuan
  11.     Serbuk gregaji
  12.     Kulit pohon
  13.     Kulit telur
  14.     Dan lain lain
Pengertian Sampah Organik | Jenis Jenis Dan Contoh Limbah Organik 

Sumber : 
wikipedia
mazmuiz.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-limbah-organik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar