Beberapa Macam Tulang Berdasarkan Jenisnya

artifungsimacam.blogspot.com pada postingan kali ini disebutkan dan dijelaskan beberapa tulang berdasarkan jenisnya pada rangka tubuh manusia, yaitu tulang keras : tersusun dari jaringan tulang keras yang berupa sel-sel tulang (osteosit) membentuk lingkaran dan tulang rawan atau yang disebut juga kartilago : tersusun dari jaringan tulang rawan. untuk lebih jelasnya pembahasannya bisa dilihat pada postingannya dibawah ini

Tulang Berdasarkan Jenisnya

1. Tulang Keras

Tulang keras ini tersusun dari jaringan tulang keras berupa sel-sel tulang atau osteosit yang membentuk lingkaran. Di tengah-tengah sel tulang terdapat saluran Havers. Di dalam saluran Havers terdapat pembuluh kapiler yang berfungsi untuk mengangkut sari makanan dan oksigen pada sel tulang.
Pada tulang keras banyak mengandung zat kapur (kalsium) dan sedikit mengandung zat perekat.Sel-sel tulang keras yang telah mati akan membentuk rongga bekas sel tulang, yang disebut lakuna. Setiap lakuna dapat berhubungan satu sama lainnya melalui saluran-saluran kecil yang disebut kanalikuli.
Untuk kesehatan dan pertumbuhan sel-sel tulang keras dibutuhkan vitamin D. Proses pembentukan vitamin D dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet yang jatuh mengenai kulit tubuh manusia mengubah provitamin D yang terdapat pada tubuh menjadi vitamin D.

2. Tulang Rawan

Tulang rawan (kartilago) tersusun dari jaringan tulang rawan. Sel-sel tulang rawan (kondrosit) tidak membentuk lingkaran sehingga pada tulang rawan tidak terdapat saluran Havers. Pada tulang rawan banyak mengandung zat perekat (kolagen) dan sedikit mengandung zat kapur. Itulah sebabnya tulang rawan bersifat lentur.
Pada masa bayi, atau masa pertumbuhan sebagian besar tulang masih berupa tulang rawan. Seiring pertumbuhan bayi dan pertambahan usia, tulang-tulang rawan mengalami penulangan sehingga tulang tidak lentur lagi, melainkan tumbuh menjadi keras. Akan tetapi tidak semua mengalami penulangan dan tetap berupa tulang rawan. Misalnya adalah pada bagian persendian, daun telinga, cuping hidung, dan ruas-ruas tulang belakang.

Demikian Postingan Kali Ini Tentang Beberapa Macam Tulang Berdasarkan Jenisnya 
Sumber : enjangcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar